Kamis, 11 Juli 2013

Affiliasi

 



Apa itu Afiliasi? Dalam pengertian Bahasa Indonesia yang disempurnakan, afiliasi yang merupakan saduran dari kata “affiliation” (Bahasa Inggris), adalah bentuk kerjasama antara dua lembaga yang masing-masing berdiri sendiri.  Secara singkat, afiliasi juga bisa diartikan “anggota” atau “cabang”.

Namun dalam terminologi bisnis online, pengertian afiliasi mengalami sedikit penambahan makna. Afiliasi adalah “cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual”. Di luar negeri, pengertian afiliasi memiliki kedekatan  dengan pekerjaan seperti calo, broker, atau perantara, karena menerapkan cara kerja yang sama.

Memang, secara bahasa, pengertian “calo” di Indonesia sangat identik dengan calo tanah, calo tiket, calo angkutan, sampai calo kasus yang belakangan populer di ranah hukum. Tetapi Anda tentu bisa menjadi perantara tanpa harus melanggar hukum, seperti banyak perusahaan broker yang berkembang di Amerika maupun Eropa.


Ilustrasi Pengertian Afiliasi
Agar lebih mudah memahami pengertian afiliasi, mari kita simak contoh berikut. Misalnya Perusahaan A adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis jual beli properti. Lalu karena kita mengetahui hal tersebut maka ketika ada teman atau pun saudara yang ingin membeli properti kita langsung merekomendasikan serta mengajaknya ke kantor perusahaan A. Nah, kalau saja ada salah satu dari orang yang kita ajak itu melakukan pembelian maka kita akan mendapat semacam komisi atau imbal jasa atas kerja keras mengajak orang-orang tersebut. Semakin banyak orang yang membeli semakin banyak pula komisi yang didapat.
Nah begitu pula halnya pengertian afiliasi dalam dunia bisnis online. Semakin banyak orang yang melakukan pembelian atas rekomendasi kita maka semakin banyak pulalah komisi yang kita dapatkan. Dan dari ilustrasi tersebut, ada dua poin penting yang kita dapat. Pertama, bisnis afiliasi itu mudah dilakukan sehingga setiap orang yang punya kemauan bisa melakukannya. Kedua, resiko kerugian dari bisnis ini sangat kecil, karena tak perlu membeli produk yang akan kita pasarkan terlebih dahulu.
Nah, keahlian memasarkan, mempresentasikan produk, bahkan menggunakan internet dengan baik, ataupun menentukan calon pembeli yang benar, adalah keahlian yang perlu Anda miliki jika ingin menggeluti bisnis afiliasi. Jadi, bukan berarti bisnis afiliasi bisa dilakukan tanpa skill tertentu, dan  keahlian-keahlian ini relatif lebih mudah dipelajari.

0 komentar:

Posting Komentar

Referral Banners Referral Banners Referral Banners